Perancangan Proses Bisnis Pemesanan Pada Kedai Kopi Menggunakan Simulasi BPMN

Penulis

  • Dahlia Widhyaestoeti Universitas Ibn Khaldun
  • Reza Zainul Ichwan Universitas Ibn Khaldun
  • Fitria Rachmawati Universitas Ibn Khaldun
  • Zulkarnaen Noor Syarif Universitas Ibn Khaldun
  • Jejen Jaenudin Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.33998/jms.2025.5.2.2523

Kata Kunci:

Proses Bisnis, Pemesanan, BPMN, Simulasi, Bizagi

Abstrak

Meningkatnya penikmat kopi terlihat dari jumlah kedai kopi di Kota Bogor yang terus bertambah, diperlukan sebuah inovasi gagasan proses bisnis baru untuk meningkatkan daya saing pada era digital saat ini. Kedai kopi saat ini masih belum memiliki aplikasi yang mampu membuat membuat pelanggan merasa dilayani dengan cepat. Simulasi proses bisnis dari pemilihan teknologi QR Code untuk permasalahan pemilihan menu pada proses pemesanan agar menjadi efektif, menggunakan aplikasi BIZAGI Modeler. Hasil dari simulasi BPMN menggunakan BIZAGI Modeler yang dimulai dengan identifikasi aktifitas proses pemesanan dalam bentuk diagram BPMN, analisis waktu dan analisis sumber daya. Dengan asumsi 50 pelanggan perhari dihasilkan rata-rata 14 menit untuk menyelesaikan proses pemesanan setiap pelanggan dan dibutuhkan sekitar Rp. 156.800,- per hari untuk membayar 5 orang pegawai.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Irfan, “Perkembangan Coffee Shop di Indonesia,” 2023. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/12/15/terus-bertambah-begini-sejarah-perkembangan-coffee-shop-di-indonesia (accessed Jun. 07, 2025).

Danang, “First Timer? Ini Cara Memesan Makanan di Cafe Biar Gak Canggung,” Nibble, 2022. https://www.nibble.id/cara-memesan-makanan-di-cafe/ (accessed Jun. 07, 2025).

D. Kusumayanti, G. Christie G. B., and M. Mulyana, “Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Fanatic Coffee Bogor,” J. Ilm. Manaj. Kesatuan, vol. 9, no. 3, pp. 683–692, 2023, doi: 10.37641/jimkes.v9i3.2063.

K. W, “Dukung Bisnis Kopi di Bogor, Bakal Calon Wali Kota Dedie A Rachim Dorong Bisa Tembus Nasional.” https://disway.id/read/794696/dukung-bisnis-kopi-di-bogor-bakal-calon-wali-kota-dedie-a-rachim-dorong-bisa-tembus-nasional (accessed Jun. 30, 2025).

M. Dumas, M. La Rosa, J. Mendling, and H. A. Reijers, FUNDAMENTAL OF BUSINESS PROCESS MANAGEMENT, 2nd ed. Jerman: Springer, 2018.

M. ER, BUSINESS PROCESS MANAGEMENT - Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2018.

Y. M. Maulana, “Tinjauan Naratif: Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis sebagai Perbaikan Proses Bisnis pada Organisasi,” J. Teknol. dan Inf., vol. 13, no. 1, pp. 1–16, 2023, doi: 10.34010/jati.v13i1.9038.

A. L. Hananto, E. Rosalina, A. Hananto, and B. Huda, “Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis Katering pada UMKM Menggunakan BPMN,” Intern. (Information Syst. Journal), vol. 7, no. 1, pp. 8–17, 2024, doi: 10.32627/internal.v7i1.938.

M. F. Ramadhan, H. Aryadita, and B. T. Hanggara, “Fakultas Ilmu Komputer Pemodelan Proses Bisnis dengan Business Process Modelling Notation Pada Menara Wisata Tour & Travel Umrah,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp. 2548–964, 2017, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

A. Nurhidayat, E. Suhendar, and D. Indrajaya, “Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis Penyewaan Alat di PT. Putrajaya Sukses Makmur ARTICLE INFORMATION ABSTRAK,” vol. 7, no. 1, pp. 43–51, 2025.

I. Riski Monika, Jasmir, and W. Riyadi, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Advertising Pada PT. Mahakarya Advertising Jaya Abadi Berbasis Web,” J. Manaj. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 374–383, 2023, doi: 10.33998/jms.2023.3.1.744.

N. Charunnisa and J. A. Razaq, “Penerapan Qr Code Untuk Efisiensi Waktu Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Di Kusuma Kopi Semarang,” J. Elektron. Dan Komput., vol. 16, no. 2, pp. 255–261, 2023.

M. D. Noor Hisyam, Tri Listyorini, and Endang Supriyati, “Purwarupa Sistem Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Menggunakan Qr-Code Berbasis Web,” JUMINTAL J. Manaj. Inform. dan Bisnis Digit., vol. 1, no. 1, pp. 47–59, 2022, doi: 10.55123/jumintal.v1i1.321.

B. Yudhistira and W. Suharso, “Rekayasa Ulang Proses Pengembalian Produk Pada CV. Berkah Menggunakan Notasi BPMN”.

BIZAGI, “Business process modeling with Bizagi.” https://www.bizagi.com/en/business-process-modeling (accessed Jun. 30, 2025).

M. Yusuf, M. K. Sophan, and B. D. Satoto, BUKU AJAR ANALISA PROSES BISNIS, I. Malang, Indonesia: Media Nusa Creative, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=sww-EQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=analisis+pool+pemodelan+proses+bisnis&ots=vP1PGV8qV1&sig=OmkqbstFm4NB1_-VhkEdccfJL6s&redir_esc=y#v=onepage&q=analisis pool pemodelan proses bisnis&f=false

R. S. Wahono, Indonesia. Business Process Development: Simulation (Bagian 3 dari Tahapan Pengembangan Proses Bisnis), (2023). [Online]. Available: https://www.youtube.com/watch?v=EazgMMgsJnA

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Abstract views:

1

PDF Download:

1

DOI:

10.33998/jms.2025.5.2.2523

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Widhyaestoeti, D., Reza Zainul Ichwan, Fitria Rachmawati, Zulkarnaen Noor Syarif, & Jejen Jaenudin. (2025). Perancangan Proses Bisnis Pemesanan Pada Kedai Kopi Menggunakan Simulasi BPMN. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 5(2), 1164–1172. https://doi.org/10.33998/jms.2025.5.2.2523