Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pemesanan Menu Pada Rumah Makan Rindu Alam Jambi Berbasis Android

Penulis

  • Wahyu Kurniawan Universitas Dinamika Bangsa
  • Ahmad Husein Universitas Dinamika Bangsa
  • Daniel Sintong Pardamean Simanjuntak Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jms.2022.2.2.142

Kata Kunci:

Perancangan, sistem, informasi, sistem informasi, Pelayanan Pemesanan Menu

Abstrak

Rumah Makan Rindu Alam Jambi merupakan usaha kuliner yang didirikan oleh orang Minang (Padang). Beraneka ragam jenis makanan disajikan dalam rumah makan tersebut. Rumah makan Minang merupakan salah satu rumah makan favorit para warga dikarenakan selain cita rasa makanannya sendiri yang lezat, harga yang ditawarkan kepada khalayak umum juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Desa Handil Jaya, Kecamatan Jelutung, menjadi lokasi warung makan ini. Namun, pemesanan makanan dilakukan secara manual. Sebuah Sistem Informasi Layanan Pemesanan Menu Berbasis Android di Rumah Rindu Alam Jambi sedang dirancang sebagai bagian dari penelitian ini untuk mengkaji sistem yang ada saat ini guna memecahkan tantangan yang dihadapi di sana. Masalah-masalah tersebut antara lain mengidentifikasi, mencari informasi yang di dasarkan pada landasan teori, mengumpulkan data melalui metodologi observasi dan wawancara, dan menganalisis untuk menemukan jawaban atas permasalahan yang ada di Rumah Rindu Alam Jambi. Pendekatan waterfall digunakan untuk pengembangan sistem, dan JAVA, MySQL, dan Microsoft Visio semuanya digunakan dalam implementasi penelitian. Membuat perancangan aplikasi ini dapat mempermudah pengolahan data dan pembuatan laporan serta mempermudah dalam memesan makanan tanpa harus mengantri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

O. Danny. "Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Pada Restoran Berbasis Android." J. Respati, Vol.15, No.3, pp. 1-11, 2020.

Rusdi Nur Dan Muhammad Arsyad Suyuti, Perancangan Mesin Pemesanan Makanan. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

R. Kresna. "Penerapan Sistem Manajemen Operasional Pelayanan Pemesanan Menu Makanan Dengan Waiting Line Method." Jurnal Pilar Nusa Mandiri, Vol.3, No.4, pp. 27-36, 2018.

Handayani, Tuti, I. Gunawan, dan R. Taufiq. "Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Menu Makanan Berbasis Web (Studi Kasus: Restoran Bukit Randu Bandara)." Jurnal Sitech: Sistem Informasi Dan Teknologi, Vol.1, No.3, pp. 20-29, 2017.

R. S. Fitri, K. Rukun, And N. Dwiyani, “Perancangan Dan Implementadi Sistem Informasi Pemesanan Penjualan Makanan Pada Toko Mujahidah Berbasis Android,” J. Vokasional Tek. Elektron. Inform., Vol. 4, No. 2, Pp. 196–211, 2016.

Fatmawati. "Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Katering Berbasis Web Pada Rumah Makan Tosuka Tangerang." Jurnal Teknik Komputer, Vol.5, No.3, pp. 3-11, 2016.

M. Melani, R. Hutabarat, And I. G. P. B. S. Mananda, “Prosedur Penanganan Pemesanan Makanan Paket Pada Pt. Panorama Tour And Travel Denpasar,” Vol. 2, No. 2, Pp. 29–33, 2014.

H. M. Julianus Saepp1, Thomson Mary, “Sistem Informasi Pemesanan Makanan Pada Mentawai Fast Kota Padang Berbasis Android,” Vol. 6, No. 1, Pp. 9–18, 2019.

A. Sutojo, “Pengaruh Perilaku Terhadap Kualitas Layanan Konsumen Di Rumah Makan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu,” Mimb. J. Penelit. Sos. Dan Polit., Vol. 3, No. 2, Pp. 8–19, 2014.

R. S. Wahyudin, I. Baihaqi, And D. S. Ardiantono, “Evaluasi Kualitas Layanan Pada Rumah Makan Surabaya Selatan,” J. Tek. Its, Vol. 9, No. 1, Pp. 72–77, 2020.

W. D. Savitri, “Pengaruh Harga, Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Rm Dwi Jaya,” Ilmu Dan Ris. Manaj., Vol. 6, 2017.

E. U. Alfin Siddik Amrullah Buton, “Implementasi ‘Pop Up Notification’ Pada Sistem Antrian Online Di Rumah Makan Berbasis Android,” J. Teknol. Inf. Dan Multimed., Vol. 3, No. 4, Pp. 1–6, 2019.

Hidayah, A. N. Nur, dan H. Supriyono. "Sistem Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Rumah Makan Berbasis Android." Jurnal Insypro (Information System And Processing) , Vol.5, No.5, pp. 11-21, 2019.

W. Hadion. "Sistem Informasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Di Rumah Makan Putri Minang Jaya." Js (Jurnal Sekolah), Vol.8, No.5, pp. 22-30, 2016.

Febriyansyah, Rendi, A. Bijaksana Putra Negara, And Novi Safriadi. "Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Di Restoran Berbasis Android." Justin (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), Vol.5, No.3, pp. 69-77, 2018.

Desrivawany, Anggun, D. Irfan, dan O. Oktoria. "Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasi Pemesanan Makanan Di Kafe Berbasis Android." Voteteknika: Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, Vol.2, No.7, pp. 40-59, 2014.

B. Azis, P. Putra, E. P. Purnomo, And A. N. Kasiwi, “Transformasi Pelayanan Digital Berbasis Teknologi Komunikasi Dan Informasi Website Sebagai Perwujudan Kota Jogja,” Vol. 5, No. 1, Pp. 24–29, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-29

Abstract views:

356

PDF Download:

932

DOI:

10.33998/jms.2022.2.2.142

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Kurniawan, W. ., Husein, A. ., & Simanjuntak, D. S. P. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pemesanan Menu Pada Rumah Makan Rindu Alam Jambi Berbasis Android. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 2(2), 230–238. https://doi.org/10.33998/jms.2022.2.2.142