Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Pada Desa Seri Sembilan

Penulis

  • Veri Kurniawan Universitas Dinamika Bangsa
  • Amroni Universitas Dinamika Bangsa
  • Imelda Yose Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jms.2023.3.2.1416

Abstrak

Desa Seri Sembilan adalah salah satu instansi pemerintah di kabupaten Merangin yang mempunyai banyak data kependudukan, namun masih menggunakan sistem semi komputerisasi dalam pemrosesan data tersebut. Hal tersebut mempunyai kelemahan yaitu antara lain banyak data atau laporan yang tidak terarsip dengan baik, pencarian data memakan waktu karena harus mencari satu persatu dan keterbatasan tempat untuk menampung file - file atau data Kelurahan, terjadinya kesalahan ketika menginput data diri pemohon surat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu solusi yaitu dengan menggunakan aplikasi Surat Menyurat yang terkomputerisasi berbasis website. Aplikasi  ini banyak keunggulan diantaranya membantu proses pendataan penduduk dan mengurangi kesalahan penginputan data diri pemohon surat di Desa Seri Sembilan terutama pada proses pembuatan Surat Kelahiran, Surat Kematian ,Surat keterangan tidak mampu, Surat keterangan penghasilan orang tua yang memerlukan kecermatan dan ketelitian tinggi. Sehingga dalam waktu yang singkat pembuatan laporan pendataan penduduk tersebut diatas dapat meminimalkan kesalahan yang mungkin terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa sistem yang berjalan , agar dapat mengatasi masalah-masalah yang di hadapi Kantor Desa Seri Sembilan, dengan cara merancang Perancangan sistem Informasi  Administrasi Kependudukan pada Desa Seri Sembilan. Pengembangan sistem menggunakan model air terjun (waterfall), implementasi penelitian ini menggunakan bahasa PHP dan menggunakan database DBMS MySQL hingga menghasilkan aplikasi pengolahan data yang di harapkan dapat mempermudah dalam pengolahan data maupun pembuatan laporan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Rizky, “Konsep dasar rekayasa perangkat lunak,” Jakarta: Prestasi Pustaka. 2011.

K. Abdul, “Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi,” Andi Offest, Yogyakarta. 2014.

H. Antonio and N. Safriadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Informatika (SI-ADIF),” Jurnal ELKHA. core.ac.uk, 2012, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/290206723.pdf.

R. Yayat, “Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping,” J. Ilm. Magister Ilmu Adm., no. 2, pp. 56–65, 2017, [Online]. Available: http://eprints.uny.ac.id/17523/1/SKRIPSI FULL.pdf.

F. Noviyanto, T. Setiadi, and I. Wahyuningsih, “Implementasi Sikades (Sistem Informasi Kependudukan Desa) Untuk Kemudahan Layanan Administrasi Desa Berbasis Web Mobile,” J. Inform. Ahmad …, 2014, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/101999/implementasi-sikades-sistem-informasi-kependudukan-desa-untuk-kemudahan-layanan.

A. SARTIKA, “ALFIANA SARTIKA PENDAFTARAN PENDUDUK PINDAH DATANG DI KELURAHAN SANGASANGA DALAM KECAMATAN SANGASANGA KABUPATEN KUTAI …,” J. Univ. MULAWARMAN, 2017, [Online]. Available: http://perpustakaan.unmul.ac.id/ejournal/index.php/um/article/view/163.

O. Y. Fujiyati, “Sukadi,‘Sistem Informasi Pengolahan Data Kependudukan Desa Purwoasri,’” Journal Speed–Sentra Penelitian Engineering dan …. 2015.

S. Sunardi and H. Listiyono, “Rancang Bangun Sistem Informasi Kependudukan Berbasis Android (Studi Kasus Kependudukan di Kelurahan Bugangan Kecamatan Semarang Timur),” Dinamik. 2016.

A. Ibrahim, A. Rifai, and L. Oktarina, “Rancang Bangun Aplikasi Pencatatan Data Kependudukan Kelurahan Pahlawan Berbasis Web,” JSI J. Sist. Inf. (E …, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/view/3628/0.

S. Hartati and P. Setiwan, “Sistem Informasi Kependudukan di Kecamatan Runjung Agung Oku Selatan Menggunakan Borland Delphi 7.0,” JUTIM (Jurnal Tek. Inform. …, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.univbinainsan.ac.id/index.php/jutim/article/view/126.

P. Farisi, “Proyek membuat Website jejaring sosial dengan joomla,” Yogyakarta: Lokomedia. 2011.

B. Raharjo, Belajar otodidak membuat database menggunakan MySQL. repo.unikadelasalle.ac.id, 2011.

T. Madcoms, “Pemrograman PHP dan MySQL untuk pemula,” Yogyakarta: CV Andi Offset. 2016.

R. Shalahuddin, R. P. Lunak, and T. D. B. Objek, “Bandung,” Indonesia: BI-OBSES. 2013.

P. P. Widodo, “Herlawati, Menggunakan UML. Bandung,” Informatika. 2011.

A. Nugroho, “Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP - Google Books.” [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Rekayasa_Perangkat_Lunak_Berorientasi_Ob/CB0IKsa9cNEC?hl=id&gbpv=1&dq=buku+uml&pg=PA1&printsec=frontcover.

A. Nugroho, “Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java, Edisi 1.” Andi Publisher, 2010.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Abstract views:

123

PDF Download:

73

DOI:

10.33998/jms.2023.3.2.1416

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Kurniawan, V., Amroni, & Yose, I. (2023). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Pada Desa Seri Sembilan. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 3(2), 542–553. https://doi.org/10.33998/jms.2023.3.2.1416

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama