Penentuan Pemasok Jagung dengan Metode ROC Pada UMKM Kuliner
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.2.672Keywords:
Pemasok Jagung, ROC, Sistem Informasi, Sistem Pendukung KeputusanAbstract
Persaingan dalam suatu bisnis semakin tinggi dimana sekarang bisnis sudah menggabungkan dengan teknologi informasi. Tujuannya agar bisa meningkatkan efektifitas kerja dan membantu dalam pengambilan keputusan. Salah satunya pemanfaatan sistem pendukung keputusan dalam menentukan pemasok jagung dalam usaha kuliner yang dimana pelaku bisnis memerlukan informasi dalam pengambilan keputusan untuk memperoleh pemasok yang terbaik dan tentunya sesuai dengan kriteria dari pelaku bisnis. Metode pengambilan keputusan yang digunakan adalah memanfaatkan metode rank of centroid dimana metode ini mampu menentukan alternatif pemasok dengan beberapa langkah perhitungan mulai dari penilaian bobot kriteria, penilaian bobot sub kriteria, penilaian alternatif dan melakukan penilaian evaluasi untuk perangkingan. Hasil penilaian evaluasi harapannya bisa dijadikan suatu rekomendasi untuk pelaku bisnis dalam menentukan pemasok jagung yang terbaik supaya bisa membantu pelaku bisnis dalam membuat olahan jagung secara maksimal. Kemudian dilanjutkan dengan tahap pengujian menggunakan black box. Pengujian yang dilakukan fokus pada operasional dan fungsional pada sistem. Setelah dilakukan hasil pengujian sistem ini memberikan hasil yang bagus.