Analisis Rasio Pada Akun Youtube Untuk Penelitian Kualitatif Menggunakan Metode Ekploratif

Authors

  • I Putu Hendika Permana STMIK STIKOM INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2021.15.1.970

Keywords:

Kredibilitas Akun YouTube, Akun Media Sosial, Media Sosial, Rasio YouTube, YouTube Chanel, analisis rasio youtube, akun youtube

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah berkembang dengan pesat, hal ini membuat semakin banyak jenis aplikasi sosial media yang muncul dengan fitur dan fungsi yang berbeda-beda.  Salah satu aplikasi sosial media yang sering digunakan dan memiliki pengaruh besar adalah YouTube. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan rasio-rasio yang terdapat pada akun YouTube. Rasio-rasio ini yang nantinya akan digunakan untuk mengukur performa sebuah akun secara matematis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode ekploratif untuk menemukan variabel-variabel yang terdapat pada akun YouTube. Variabel tersebut yang nantinya akan dibandingkan dan disandingkan untuk diuji relevansinya sehingga menjadi rasio yang relevan. Rasio yang relevan akan digunakan untuk menilai performa setiap akun yang ada pada sosial media YouTube. Hasil dari penelitian sosial media youtube ini menunjukan bahwa terdapat 6 variabel, variabel tersebut diantaranya yaitu post, subscriber, likes, dislikes, viewers, comments. Keenam variabel tersebut yang nantinya akan dibandingkan dan disandingkan sehingga menemukan 10 rasio yang relevan. Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu kedepannya dapat menilai, mengukur serta membandingkan kredebilitas dari setiap akun youtube dengan mudah menggunakan 10 rasio yang telah ditemukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-28

Abstract views:

1191

PDF Download:

1039

DOI:

10.33998/mediasisfo.2021.15.1.970

Dimension Badge:

How to Cite

Hendika Permana, I. P. (2021). Analisis Rasio Pada Akun Youtube Untuk Penelitian Kualitatif Menggunakan Metode Ekploratif. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 15(1), 40–48. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2021.15.1.970