Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Strategi Promosi STIE-Graha Karya Muara Bulian

Authors

  • Azwar Anas STIE-GK Muara Bulian

DOI:

https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2020.14.1.790

Keywords:

algorithm, a priori, data mining, promotion

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan algoritma apriori untuk mendapatkan gambaran terhadap data mahasiswa baru STIE-GK Muara Bulian. Penulis menggunakan algoritma apriori untuk menganalisis data mahasiswa baru STIE-GK Muara Bulian tahun akademik 2018/2019. Algoritma apriori dipilih karena kemampuannya dalam menganalisis data yang muncul secara bersamaan dan berulang dan data yang telah menumpuk lama, sehingga perlu kiranya digunakan penambangan data, untuk mendapatkan pengetahuan. Data yang penulis gunakan adalah data mahasiswa baru STIE-GK Muara Bulian secara random sebanyak 100 orang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah dengan menghitung data menggunakan algoritma apriori kemudian dilakukan uji coba terhadap software data mining Weka. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan, secara parsial Variabel SMK dan jurusan TKJ adalah penyumbang mahasiswa baru terbanyak dengan tingkat confidence mencapai 13%. Variabel SMK dan jurusan ADM adalah penyumbang mahasiswa baru terbanyak kedua dengan tingkat confidence mencapai 10%. Program studi manajemen berasal dari jurusan TKJ dengan tingkat confidence mencapai 7%. Progam studi akuntansi berasal dari jurusan TKJ dengan tingkat confidence mencapai 5%. Maka strategi yang digunakan untuk promosi mahasiswa baru tahun berikutnya adalah dengan meningkatkan intensitas di sekolah SMK pada jurusan TKJ.
Kata kunci: algoritma, apriori, data mining, promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-30

Abstract views:

122

PDF Download:

162

DOI:

10.33998/mediasisfo.2020.14.1.790

Dimension Badge:

How to Cite

Anas, A. (2020). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Strategi Promosi STIE-Graha Karya Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 14(1), 64–70. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2020.14.1.790