WebGIS Pemetaan Objek Wisata Di Kabupaten Banyumas Menggunakan Metode Agile

Authors

  • Agung Al Rasyid Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Bita Parga Zen Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • M. Lulu Latif Usman Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.172

Keywords:

banyumas, objek wisata, pariwisata , sistem informasi geografis , Pembuatan, Rumah Makan, Menu Elektronik, Android, Website.

Abstract

Kabupaten Banyumas adalah kabupaten yang memiliki 126 objek wisata. Banyaknya objek wisata menunjukkan bahwa sektor pariwisata merupakan sektor andalan. Terjadi penurunan jumlah kunjungan wisata dari tahun 2019-2021 yang cukup signifikan, yang berdampak terhadap pendapatan daerah Kabupaten Banyumas. Pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir 2 tahun telah mengubah perilaku masyarakat yang makin akrab dengan dunia digital. Tidak hanya untuk keperluan hiburan, digitalisasi juga makin lekat dengan aktivitas liburan. Hal tersebut perlu dimanfaatkan untuk mengimplementasikan pariwisata terhadap dunia digital, yang selama ini hanya mempromosikan wisata melalui media sosial, poster ataupun pamflet. Penelitian ini menghasilkan sebuah output berupa website atau WebGis pemetaan objek wisata di banyumas yang mampu menampilkan 50 objek wisata yang tersebar di seluruh wilayah secara lengkap baik detail tempat, alamat ataupun informasi terkait objek wisata tersebut yang diharapkan mampu menarik pengunjung untuk berkunjung ke objek wisata banyumas dan memberi informasi kepada wisatawan yang ingin berkunjung ke Banyumas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-30

Abstract views:

460

PDF Download:

602

DOI:

10.33998/mediasisfo.2023.17.1.172

Dimension Badge:

How to Cite

Al Rasyid, A., Parga Zen, B., & Usman, M. L. L. (2023). WebGIS Pemetaan Objek Wisata Di Kabupaten Banyumas Menggunakan Metode Agile. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(1), 26–35. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.172