Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Mytelkomsel Bagi Pengguna di Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2024.18.2.1585Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem informasi layanan aplikasi Mytelkomsel di Kota Jambi dengan menerapkan Metode PIECES Framework. Metode evaluasi ini mencakup enam dimensi utama, yaitu Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, dan Services. Penelitian ini diarahkan untuk mengumpulkan data dari 103 pengguna aktif Mytelkomsel di Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan kuesioner yang telah disusun berdasarkan kerangka evaluasi PIECES Framework. Pengumpulan data akan dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada pengguna yang dipilih secara acak. Variabel penelitian mencakup aspek-aspek seperti kecepatan akses, kualitas informasi, efisiensi penggunaan aplikasi, kontrol yang diberikan kepada pengguna, dan kepuasan terhadap layanan pelanggan. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan alat statistik yang sesuai, seperti analisis deskriptif dan statistik inferensial. Setelah itu, hasil analisis akan diinterpretasikan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sistem informasi Mytelkomsel. Rekomendasi perbaikan akan diajukan berdasarkan temuan hasil penelitian untuk meningkatkan tingkat kepuasan pengguna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kualitas dari aplikasi MyTelkomsel di kota Jambi dengan menghasilkan pada kualitas Baik dengan Score 3,96 dimana dalam hasil tersebut masuk kedalam domain yang dinilai berdasarkan dari PIECE Framework masuk ke kategori yang sama kecuali pada domain economics dimana mendapatkan hasil 3,34 yang termasuk ke dalam kategori cukup baik. Dari hasil tersebut dapat menunjukkan bahwa aplias MyTelkomsel mampu memberikan kualitas yang baik dan mampu memenuhi kebutuhan penggunanya dari berbagai aspek.