Implementasi Item Response Theory Model Three-Parameter Logistics Pada Aplikasi Computerized Adaptive Test
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2022.16.1.1117Keywords:
computerized adaptive test, item response theory, maximum likelihood estimation, paper and pencils testAbstract
Paper and Pencils Test (PPTs) merupakan ujian yang memberikan pertanyaan dengan tingkat kesulitan yang sama kepada peserta ujian. Akibatnya, tes menjadi lebih lama dan pertanyaan yang diberikan tidak informatif sehingga peserta ujian merasa kesulitan atau merasa terlalu mudah dalam mengerjakannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat aplikasi sistem ujian berbasis komputer yang dapat mengukur kemampuan peserta tes, dimana tingkat kesukaran butir soal disesuaikan dengan tingkat kemampuan dari peserta tes. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap analisis dan perancangan, tahap implementasi dan pengujian, serta tahap pelaporan. Sedangkan metode yang digunakan untuk melakukan proses estimasi terhadap butir soal dengan menggunakan metode Maximum Likelihood Estimation (MLE) dan metode yang digunakan untuk sistem Computerized Adaptive Test (CAT) yaitu metode Item Response Theory (IRT) model logistik three parameter logistic (3PL). Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi sistem CAT berbasis web yang dapat dijadikan sebagai sistem ujian online dan alat ukur untuk menentukan kemampuan (ability) peserta ujian