Penerapan Algoritma Fp-Growth Dalam Menentukan Perilaku Konsumen Ghania Mart Muara Bulian
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2020.14.2.879Keywords:
Algoritma, FP-Growth, konsumen, produk, pola pembelian barangAbstract
Ghania Mart merupakan salah satu minimarket yang beroperasi di Muara Bulian, tepatnya di Jl. Prof. Dr. Sri Sudewi atau depan Rumah Sakit Umum Daerah Haji Abdoel Madjid Batoe Muara Bulian. Minimarket ini tergolong masih baru karena beroperasi sejak tahun 2020. Meskipun baru, minimarket ini cukup ramai dikunjungi oleh konsumen yang berbelanja, hal ini dikarenakan pemilihan lokasi yang tepat dari manajemen Ghania Mart. Produk yang tersedia di Ghania Mart lebih didominasi oleh kebutuhan bahan pokok seperti beras, minyak sayur, gula, garam dan lainnya. Selain itu juga tersedia produk lain seperti makanan instan dan minuman instan dengan berbagai merk dan variasi rasa. Ghania Mart beroperasi mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 21.00 WIB. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian labor. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik pengayaan data mining. Adapun algoritma yang penulis gunakan dalam penambagnan data ini adalah Algoritma FP-Growth. Sedangkan software yang digunakan adalah Weka Data Mining. Hasil penelitian ini membuktian algoritma FP-Growth memiliki kecepatan dalam pemrosesan data yang terbantu dari pembentukan FP-Tree. Pengujian menggunakan software data mining Weka didapatkan 4 rule terbaik. Kombinasi Masker dan Kopi memiliki support 10% dan confidence mencapai 93%.