PEMODELAN SISTEM INFORMASI PENJAMINAN MUTU UNTUK KEGIATAN PENELITIAN DI LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (STUDI KASUS : STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI)

Authors

  • Desi Kisbianty

Keywords:

Sistem Informasi, Mutu, UML, Sistem Penjaminan Mutu, Penelitian

Abstract

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) merupakan lembaga yang berfungsi untuk mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan STIKOM Dinamika Bangsa Jambi. LPPM telah melaksanakan setiap kegiatannya dengan sangat baik dan sudah menggunakan sistem informasi. Hanya saja masih memiliki kekurangan dalam hal pengendalian mutu yang merupakan bagian dari penjaminan mutu yang bertujuan untuk meningkatkan mutu penelitian. Hal ini dikarenakan tidak adanya kontrol yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam penjaminan mutu sebagai tolak ukur keberhasilan kegiatan penelitian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan sistem informasi penjaminan mutu pada kegiatan penelitian. Untuk memodelkan sistem tersebut menggunakan Unified Modeling Language (UML) yakni use case diagram, activity diagram dan class diagram. Penelitian ini menghasilkan suatu pemodelan sistem informasi penjaminan mutu yang digunakan sebagai pedoman dalam membangun sistem informasi penjaminan mutu yang berguna untuk pengontrolan khususnya pada kegiatan  penelitian. Dengan adanya sistem penjaminan mutu pada LPPM maka dapat membantu serta memberikan kemudahan bagi pihak LPPM dalam menjalankan sistem penjaminan mutunya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-04

Abstract views:

13

PDF Download:

10

Dimension Badge:

How to Cite

Kisbianty, D. (2016). PEMODELAN SISTEM INFORMASI PENJAMINAN MUTU UNTUK KEGIATAN PENELITIAN DI LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (STUDI KASUS : STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI). Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 10(1), 391–400. Retrieved from https://ejournal.unama.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/609