ANALISIS RISIKO SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN DENGAN CONTROL OBJECTIVES FOR INFORMATION AND RELATED TECHNOLOGY (COBIT) FRAMEWORK (STUDI KASUS : CV. AGUNG BARU SEJAHTERA JAMBI)

Authors

  • Willy Riyadi

Abstract

Informasi yang berkualitas dari suatu sistem informasi diperlukan tiga aspek yaitu: masukan (input), proses, dan keluaran (output). Apabila salah satu dari ketiga aspek tersebut tidak dijalankan dengan benar maka informasi yang dihasilkan akan menyimpang dan tidak akan sesuai dengan kebutuhan pihak manajemen perusahaan serta menimbulkan risiko dalam sistem informasi perusahaan. CV. Agung Baru Sejahtera Jambi merupakan salah satu perusahaan yang memanfaatkan sistem informasi dalam menunjang proses bisnis yang dilakukannya guna menyimpan dan mengelola data tentang persediaan barang, data pelanggan, data pembelian, data penjualan, data keuangan dan pajak. Selama ini, kegiatan perusahaan beberapa kali mengalami kendala/masalah pada sistem informasi perusahaan yang sangat menggangu kegiatan dan proses bisnis perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengukur risiko Sistem Informasi (SI) perusahaan CV. Agung Baru Sejahtera (ABS) Jambi dengan memanfaatkan COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) framework dan kuesioner maturity level serta gap analysis guna mengidentifikasi risiko, analisa risiko, respon risiko dan evaluasi risiko.

Kata Kunci : Analisis Risiko, Sistem Informasi, COBIT Framework, Maturity Model, Gap Analysis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-10-05

Abstract views:

16

PDF Download:

22

Dimension Badge:

How to Cite

Riyadi, W. (2015). ANALISIS RISIKO SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN DENGAN CONTROL OBJECTIVES FOR INFORMATION AND RELATED TECHNOLOGY (COBIT) FRAMEWORK (STUDI KASUS : CV. AGUNG BARU SEJAHTERA JAMBI). Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 9(2), 270–282. Retrieved from https://ejournal.unama.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/526