APLIKASI PENENTUAN KELULUSAN CALON ANGGOTA KEPOLISIAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP) ( STUDI KASUS POLDA RIAU )

Authors

  • Muhammad Junaidi
  • Rahmiati Rahmiati

Abstract

Penerimaan calon anggota kepolisian selalu menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan. Penerimaan calon anggota kepolisian dilakukan dengan beberapa tahapan tes, seperti tes jasmani, tes psikologi, tes akademik, tes kesehatan dan tes pengetahuan umum sebagai kriteria dalam penilaian kelulusanya. Selain banyaknya penilaian nilai hasil tes yang dilakukan, jumlah pendaftar calon anggota kepolisian juga terhitung banyak. Hal tersebut membuat panitia penerimaan calon anggota kepolisian harus membuang banyak waktu, hal ini dirasakan kurang efektif mengingat penilaian masih dilakukan dengan microsoft office excel. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem yang mampu membantu panitia dalam memilih pendaftar yang lulus dengan efektif dan efisien berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Aplikasi yang dibagun menggunakan metode Weighted Product, karena metode ini merupakan salah satu metode yang mampu bekerja dengan multi kriteria. Aplikasi yang dibagun nantinya akan mampu menghasilkan output berupa hasil nilai dari setiap pendaftar yang diseleksi berdasarkan nilai vector i (nilai hasil metode WP).

 

Kata Kunci : Aplikasi Penentuan Kelulusan, Polisi, Seleksi, Weighted Product (WP).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-10-05

Abstract views:

32

PDF Download:

11

Dimension Badge:

How to Cite

Junaidi, M., & Rahmiati, R. (2015). APLIKASI PENENTUAN KELULUSAN CALON ANGGOTA KEPOLISIAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP) ( STUDI KASUS POLDA RIAU ). Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 9(2), 339–351. Retrieved from https://ejournal.unama.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/520