Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Steam Mobile Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI)

Authors

  • Muhammad Iqbal Wahyudi Universitas Sriwijaya
  • Allsela Meiriza Universitas Sriwijaya
  • Nabila Rizky Oktadini Universitas Sriwijaya
  • Pacu Putra Universitas Sriwijaya
  • Putri Eka Sevtiyuni Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2024.18.1.1645

Keywords:

analisis, indeks kepuasan, pengalaman pengguna

Abstract

Sasaran dari penelitian ini adalah untuk menilai seberapa puas pengguna terhadap kualitas dari layanan yang disediakan oleh aplikasi Steam mobile. Steam mobile adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Valve Corporation yang diluncurkan pada tahun 2012, Perusahaan dibalik platform distribusi digital popular untuk video game, Steam. Aplikasi ini dirancang untuk memungkinkan pengguna mengakses berbagai fitur Steam melalu perangkat seluler mereka. Beberapa masalah yang dihadapi oleh aplikasi ini ialah kinerja yang lambat, bug atau masalah teknis, antarmuka yang terlalu kompleks, masalah keamanan pada aplikasi, dan lain sebagainya. Sampel yang diterapkan ialah sebanyak 100 responden dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner ke masyarakat Indonesia. Dimensi yang dipakai ialah dari SERVQUAL (service quality) terdiri dari 5 kategori yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Guna mengukur tingkat kepuasan harapan pengguna aplikasi steam mobile, dilakukan evaluasi dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil evaluasi menunjukan CSI yang dicapai ialah sebesar 80.04% dalam jangkauan skala 66% sampai 80.99%. Bisa dikatakan tingkat kepuasan pengguna berada pada kategori “puas”.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-30

Abstract views:

158

PDF Download:

193

DOI:

10.33998/mediasisfo.2024.18.1.1645

Dimension Badge:

How to Cite

Wahyudi, M. I., Meiriza, A., Oktadini, N. R., Putra, P., & Sevtiyuni, P. E. (2024). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Steam Mobile Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 18(1), 18–26. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2024.18.1.1645