Evaluasi Heuristik Dan System Usability Scale UI/UX pada Aplikasi “Makan Kuy”
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2024.18.1.1475Keywords:
aplikasi pemesanan makanan, design sprint, evaluasi ui/ux, heuristic evaluation (he), system usability scale (sus)Abstract
Penggunaan teknologi informasi melalui perangkat mobile telah membawa perubahan signifikan dalam sektor industri makanan, khususnya dengan munculnya aplikasi pemesanan makanan. Penelitian ini berfokus pada evaluasi UI/UX aplikasi "Makan Kuy" menggunakan Design Sprint dengan metode System Usability Scale (SUS) dan Heuristic Evaluation. Evaluasi SUS memberikan gambaran kuantitatif mengenai kepuasan dan persepsi pengguna terhadap aplikasi, sedangkan Heuristic Evaluation digunakan untuk mengidentifikasi masalah kegunaan pada antarmuka pengguna. Hasil evaluasi menunjukkan nilai SUS sebesar 75, menandakan kepuasan pengguna yang baik, sementara Heuristic Evaluation menghasilkan severity ratings antara 72-85%, sesuai dengan standar evaluasi. Dengan penerapan Design Sprint, kualitas UI/UX aplikasi "Makan Kuy" berhasil ditingkatkan terutama pada aspek navigasi, pencarian restoran, dan proses pemesanan makanan, yang berdampak positif pada daya tarik aplikasi bagi pengguna. Penelitian ini memberikan wawasan yang penting dalam pengembangan aplikasi serupa untuk memenuhi kebutuhan dinamis pengguna dalam sektor makanan, serta menggarisbawahi pentingnya evaluasi UI/UX dalam meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan