Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality Marker Based Tracking
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.2.1407Keywords:
augmented reality, bangun ruang, marker based tracking, mdlc, media pembelajaranAbstract
Matematika memiliki peranan penting dalam pendidikan dan memiliki keterkaitan dengan bidang ilmu lainnya. Meskipun demikian, kualitas pendidikan matematika masih kurang seperti yang terlihat dari skor PISA tahun 2018 yang menempatkan kemampuan matematika siswa Indonesia pada posisi rendah. Salah satu materi matematika yang dianggap sulit adalah bangun ruang. Kesulitan siswa dalam mempelajari bangun ruang disebabkan keterbatasan visualisasi yang diberikan oleh guru. Untuk meningkatkan pembelajaran, diperlukan inovasi seperti penggunaan Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Marker Based Tracking dalam penerapan AR. Aplikasi AR yang dikembangkan termasuk dalam kategori aplikasi multimedia, dengan menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif dalam mempelajari materi bangun ruang. Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa aplikasi ini bebas dari kesalahan fungsional. Selain itu, hasil pengujian usability menggunakan USE questionnaire memperoleh nilai 92,44%, yang dapat diklasifikasikan sebagai "Sangat Baik" dalam aspek Appropriateness recognizability, Learnability, Operability, dan Accessibility. Oleh karena itu, aplikasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran bangun ruang